no minimum payout

Jumat, 11 Juli 2008

Merubah Icon Folder Dan Teks Balon


Untuk lebih mempermudah mengenal folder-folder dan isinya dengan memberi gambar dan mengganti teks petunjuk yang akan muncul pada balon teks.

Saat menjalankan Windows Explorer untuk mencari file di dalam folder tertentu, terkadang kita merasa kesulitan untuk segera mengenali sebuah folder dari begitu banyaknya folder yang ada, karena tampilan folder yang hampir serupa semua, yaitu gambar map berwarna kuning.

Akan lebih mudah bagi kita untuk dapat dengan segera mengenali sebuah folder berdasarkan gambar iconnya. Untuk melakukan ini caranya cukup mudah, jalankan Windows Explorer lalu pilih folder yang ingin diatur, klik kanan pilih menu "Properties". Pada jendela Properties pilih tab Customize, lalu pada bagian bawah klik tombol "Change Icon", pilihlah icon yang sesuai dengan keinginan anda. Dengan langkah ini anda sudah mengganti gambar icon sehingga lebih mudah dikenali dengan cepat.


Tetapi apakah anda puas hanya sampai di sini? Kalau anda perhatikan saat anda menggerakkan kursor mouse anda diatas icon sebuah folder maka akan muncul teks dalam kotak kecil (Teks Balon) yang memberikan keterangan tentang ukuran dan isi folder itu (platform Windows XP).

Teks balon ini dapat kita atur agar dapat menampilkan tambahan informasi sesuai keinginan kita. Caranya mudah; jalankan program Notepad lalu klik menu File - Open dan arahkan ke folder yang tadi sudah kita ubah gambar iconnya. Lalu pada kolom nama file kita ketikkan nama file "desktop.ini" (tanpa tanda petik). File ini akan secara otomatis dibuat didalam folder itu pada saat kita mengubah icon foldernya, namun file ini disembunyikan. Dengan cara mengetikkan nama file itu secara langsung kita dapat membukanya tanpa perlu merubah setting hidden files.

Isi dari file "desktop.ini" itu kurang lebih akan tampak seperti ini:



Paramater IconFile berguna untuk menentukan path file tempat icon, sedangkan parameter IconIndex berguna untuk menetapkan icon yang ingin digunakan.

Agar dapat menampilkan keterangan tambahan pada teks balon sesuai keinginan maka kita tambahkan parameter InfoTip yang berisi keterangan yang kita inginkan, sehingga file "desktop.ini" itu akan menjadi seperti ini:



Setelah selesai merubah file diatas maka lakukan langkah berikut ini untuk melihat hasil dari perubahan yang sudah kita buat: Jalankan command prompt, klik menu Start - Run lalu ketikkan "cmd" (tanpa tanda petik) kemudian tekan "Enter" atau klik Ok. Pada jendela command prompt ketikkan "attrib +s NamaFolder" (tanpa tanda petik). NamaFolder adalah nama folder yang tadi sudah kita ubah. Selesai...Sekarang anda dapat dengan mudah mencari sebuah folder dengan mengenali icon dan membaca infonya.


Tidak ada komentar:

OS sangat MIrip windows

ReactOS
Bagi seorang opensource sejati, ReactOS bukanlah barang yang asing. Apalagi bagi anda yang sering berekplorasi, gonta-ganti sistem hanya sekedar untuk mencicipinya bisa jadi rutin dilakukan. Awalnya distro linux windows atau lebih akrab dengan sebutan Lindows kerapkali berusaha menyediakan kemudahan dengan membuat tampilan KDE-nya mirip sekali dengan Windows XP. Kali ini tim open source yang membuat aplikasi Wine untuk Linux, kembali bekerja membuat ReactOS, Operating System berbasis Windows NT. Bisa dikatakan ReactOS merupakan OS yang benar-benar mirip dengan Windows kebanyakan. Saya berani mengatakan, "ReactOS Windows NT Bangeth!!!"  :D. Yang menarik adalah, Sistem Operasi ini di buat di bawah Lisensi GPL, ini berarti anda bebas menggunakan tanpa berbayar.



OS ini cocok bagi pemilik warnet yang sering terkena Sweaping dari kepolisian setempat dan menderita karenanya :D----. Anda tidak perlu lagi terkena sweaping, dan anda pun tidak perlu lagi membayar lisensi Microsoft yang mahalnya, mahal sekali.
Saya hanya menyarankan kepada anda untuk mencobanya. Silahkan download langsung di sini
http://www.reactos.org/en/download.html

Atau mampir ke situsnya, sekedar melihat-lihat.
http://www.reactos.org/en/screenshots.html

Sumber dari situs Ilmu Website dalam kategori news dengan judul ReactOS: OS gratis berbasis Windows NT